Back to Kompasiana
Artikel

Mainstream Media

Abanggeutanyo

Pengamat : Mengamati dan Diamati

Tips Mengatasi Modem Speedy Yang Lemot, Mudah Saja..!

OPINI | 23 December 2011 | 03:20 Dibaca: 26955   Komentar: 10   1

13246103511827974691

Bagi Anda pemakai internet di rumah yang menggunakan modem dari Telkom pasti pernah merasakan jaringan Anda tiba-tiba lemah, lambat (lemot) bahkan terputus, bukan? Berikut ini sedikit bagi-bagi pengalaman untuk mengatasi permasalahan tersebut. Namun sebelum kita berbagi alangkah baiknya sedikit kita refresh kembali ingatan kita seadanya tentang apa dibalik sebuah benda yang disebut dengan MODEM dalam menjembatani (menghubungkan) kita dengan internet yang menghadirkan aneka informasi yang sedang kita butuhkan.

Modem, berasal dari kata Modulator Demodulator adalah sebuah perangkat yang tugasnya membawa  dan mengubah signal informasi dari analog menjadi digital sehingga dapat ditampilkan pada Komputer kita. Jadi modom ini berfungsi dua arah yaitu sebgai pengirim dan penerima signal informasi dari analog ke dalam bentuk digital. Banyak orang mengenal modem sebagai Hardware yang dperlukan untuk komunikasi pada komputer.

Jenis modem banyak ragamnya banyak juga pembagiannya, ada pembagian modem menurut fisiknya (Internal dan eksternal modem), ada juga pembagian jenis modem menurut teknologi jaringannya (Moden 3 GP), Modem GSM, Modem Analog, Modem Kabel, Modem CDMA, Modem ADSL  dan lain-lainnya (mohon dilengkapi jika masih ada).

Terlepas dari cara seting modem yang rada rumit bagi pemula, salah satu modem yang paling praktis dan paling nyaman dan biaya (relatif murah untuk penggunaan pribadi dan bisnis) adalah modem ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang disediakan oleh salah satu BUMN yang disebut dengan Speedy.

Modem Speedy ini  adalah berteknologi ADSL. Modem ini secara fisik adalah modem eksternal. Dengan bantuan Splitter atau pembagi line kita dapat berinternet sekaligus tidak menganggu saat telepon rumah ( PSTN) atau sering disebut dengan telepon Analog.

Kemampuan modem speedy dalam membantu kita berkomunikasi dengan internet sudah tidak terbantahkan lagi, reputasinya saya yakin rekan-rekan pasti mengakui sangat memuaskan meskipun ada beberapa yang menjengkelkan karena kesalahan teknis.

Beberapa masalah jaringan teknis dan mengganggu kita dalam menggunakan layanan modem Speedy yang kerap terjadi adalah :

  1. Signal modem Speedy tiba-tiba melemah. Lampu indikator melemah, hanya tinggal satu titik dan berkedip-kedip.
  2. Signal terputus pada indikator jaringan internet pada layar komputer kita.
  3. Download dan upload serasa sangat lama dan munculnya cursor yang bentuknya bulat berputar-putar seperti gasing ada tempatnya tidak henti-hentinya sampai beberapa detik bahkan sampai 1 menit.
  4. Masih banyak lagi gangguan jaringan yang tidak dapat disebutkan di sini dan mohon dilengkapi rekan pembaca budiman, akan tetapi TIDAK TERMASUK gangguan jaringan akibat Kuota habis apalagi jaringan diputus akibat belum bayaran ikuran dan atau jaringan kabel telepon dekat rumah atau lokasi usaha internet Anda tertimpa pohon yang tumbang atau putus akibat kesalahan faktor eksternal lainnya.

Ternyata, untuk mengatasi permasalahan poin nomor 1 sampai nomor 3 tersebut sangat gampang. Tidak perlu repot-repot bahkan ada yang harus mengadu ke pihak operator dan meminta datang ke tempat usaha atau rumah Anda untuk membenarkan jaringan internet Speedy anda. Bukan apa-apa, sang petugas operator layanan yang diutus datang ke tempat usaha atau rumah Anda hanya senyum-senyum simpul. Dengan mengucapkan sepatah dua patah kata “Sim Salabim, baguslah jaringan ini” jadi deh… jaringan internet Anda sehat dan dalam performa terbaik kembali.

Apa yang dilakukan oleh petugas operator yang berkunjung tersebut? Tentu banyak eksen dan gayanya. Mulai mengeluarkan tangga darurat, tang, kabel dan regulator signal sampai laptop khusus memeriksa IP dan sebagainya mereka lakukan utuk menyakini Anda bahwa mereka memperlakukan Anda bak raja diraja untuk sebuah produk mereka yang disebut dengan Speedy.

Padahal tahukah Anda ada cara yang paling mudah? Sekali lagi, diluar masalah putusnya jaringan akibat rusaknya kabel di luar rumah Anda dan terputusnya jaringan akibat belum bayar iuran bulanan masalahnya sangat mudah kawan.. Lakukan hal berikut ini:

  1. Biarkan laptop atau komputer Anda terus menyala. Jangan menekan tombol apapun karena berkaibat pada hilangnya tulisan Anda jika sedang mengetik tulisan pada halaman menulis di Kompasiana atau blog lainnya.
  2. Lakukan tindakan mematikan lampu on/off pada perangkat modem tersebut. Setelah mematikan 5 -10 detik, nyalakan kembali. Setelah 1 menit, jika lampu indikator tersebut belum terlihat full (penuh) anda harus melakukan tindakan berikut (no.3)
  3. Ambillah gagang telepon dengan hati-hati dan yakin putarlah angka sakti yang (mungkin) sering kita dengarkan:  (1); (4); (7). Dengarkan suara panggil..Tutttt..tuuuuuuut…tuuuuuuuuuuuuut... beberapa kali, hingga petugas di seberang sana (biasanya wanita yang standby 24 jam) mulai menjawab dengan aneka promosinya. Ketika sang petugas 147 memulai actionnya, segera Anda matikan atau letakkan kembali gagang telepon Anda pada tempatnya. Bukan apa-apa, ternyata menghbungi 147 itu TIDAK gratis, anda mengeluarkan beberapa rupiah untuk menyapa sang petugas tersebut, bukan?

Setelah itu Anda kembali ke tempat duduk di depan komputer Anda. Perhatikan lampu pada modem (jika masih sempat).  Namun apabila  Anda tidak melihat lampu modem, silahkan saja klik indikator signal akses internet pada layar komputer Anda. Pasti terlihat nama xxxx Internet Acses pada signal Anda. Artinya Anda sudah dapat terhubung lagi dengan internet dalam kondisi yang baik.

Selain modem Speedy pasti banyak lagi modem yang tak kalah hebat akan tetapi untuk paket yang sesuai dengan kemampuan rata-rata kita pengguna internet di tanah air pasti pilihan ini termasuk yang paling memuaskan. (Tentang data-data dan informasi teknologi dan spesifikasi modem di atas mohon bantuan rekan pembaca melengkapinya agar lebih sempurna penyajiannya-red)


Jadi mengatasi lemot atau leletnya modem Speedy sangat mudah bukan?..Jika ada kendala dengan itu silahkan mencobanya sebelum terlmbat. Semoga tidak diubah oleh operatornya agar ketergantungan kita mampu mengatasi masalah sendiri menjadi tergantung pada petugas operatornya he..he..he…

Salam Kompasiana

abanggeutanyo

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Tanggapan Soal “PR Anak 2 SD yang …

Hendradi Hardhienat... | | 22 September 2014 | 14:36

Analisis Ancaman ISIS di Australia …

Prayitno Ramelan | | 22 September 2014 | 13:47

Software Engineer/Programmer Dibayar Murah? …

Syariatifaris | | 22 September 2014 | 10:16

Revolusi Teknologi Perbankan: Dari ATM ke …

Harris Maulana | | 22 September 2014 | 11:19

[Blog Reportase] Nangkring dan Test Ride …

Kompasiana | | 20 September 2014 | 18:06


TRENDING ARTICLES

Abraham Lunggana, Ahok, Messi, dan Pepe …

Susy Haryawan | 7 jam lalu

Tentang 6 x 4 …

Septin Puji Astuti | 8 jam lalu

Jokowi dan Kutukan Politik …

Angin Dirantai | 9 jam lalu

PPP dan Kudeta Marwah …

Malaka Ramadhan | 10 jam lalu

Cak Lontong Kini Sudah Tidak Lucu Lagi …

Arief Firhanusa | 12 jam lalu


HIGHLIGHT

Dilema Pinjam-Meminjam Buku …

Much. Khoiri | 8 jam lalu

Waspada, Ancaman Katup Jantung Bocor pada …

Yuni Astuti | 8 jam lalu

United Kalah, Wujud Kerinduan Hairdryer …

Aristo Setiawan | 8 jam lalu

Kolaborasi Rasa …

Puji Anto | 8 jam lalu

Ramping Itu Artinya Wamen dan Staff Ahli …

Den Bhaghoese | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: