Back to Kompasiana
Artikel

New Media

Christie Damayanti

Just a stroke survivor & cancer survivor, architect, 'urban and city planner', traveller, also as selengkapnya

‘The Next Action’ dengan ibu Mariam F.Barata, Direktur Pemberdayaan Telematika Kominfo

REP | 26 July 2012 | 20:56 Dibaca: 297   Komentar: 15   5

By Christie Damayanti

13432923421487592955

Dokumen Pribadi

Ibu Marim F.Barata dan staff dengan tim IDKita Kompasiana, diwakili oleh : Valentino, aku, mba Vema dan ma Chia.

Senin, 23 Juli 2012, kami diijinkan untuk sedikit berdiskusi dengan ibu Mariam F.Barata, berhubungan dengan kegiatan IDKita Kompasiana tentang ‘Internet Sehat dan Aman’. Sekaligus, kami sebagai tim IDKita Kompasiana ingin menyampaikan Laporan tertulis periode Mei - Juli 2012. Dan ibu Mariam dengan keramah-tamahannya, menpersilahkan kami untuk berbicara apa yang kami harapkan dari Kominfo.

Kami, Valentino, mba Chia, aku dan mba Vema disambut oleh bu Mariam dan staffnya di ruang kerjanya. Jabatan tangan dan pelukan beliau untukku, membuat aku nyaman dan beliau membimbingku untuk duduk disamping beliau, di sofa ruang kerjanya. Kami merasakan bahwa beliau mau kami seakan2 bisa senyaman mungkin. Bahwa Kominfo adalah tempat yang nyaman untuk kita berkarya bersama demi kampanye ‘Internet Sehat dan Aman’ untuk anak2 dan remaja.

Setelah Valentino menyerahkan Laporan IDKita Kompasiana dan bercerita tentang kegiatan2 yang kami lakukan serta mimpi2 kami untuk bangsa ini di masa depan melalui ‘Internet Sehat dan Aman’, sambil bu Mariam membuka2 laporannya serta berdiskusi. Juga Bu Mariam bercerita bahwa Kominfo sudah membentuk Relawan TIK untuk 12 provinsi sampai ke kabupaten2, salah satunya di Sulawesi Selatan, Bandung, Banjarmasin, surabaya, bahkan sampai Jayapura. Dan yang menarik, di NTB membuka ‘Kampung Media’ untuk warga disana diajak menulis …..

13432923741070124290

13432923951484603045

Valentino sebagai Koordinator IDKita Kompasiana membuka diskusi dengan Ibu Mariam F.Barata, Direktur Pemberdayaan Telematika dari Kominf.

Ternyata konsep ‘Relawan’ juga dibentuk oleh IDKita Kompasiana. Bisa di buka di grup Faceboom IDKita Kompasiana,  bahwa kami memang selalu membuka kesempatan untuk bersama2 melakukan gerakan moral bagi anak2 dan remaja kita. Karena ini benar2 gerakan untuk masa depan bangsa. Ditambah lagi, Valentino bercerita bahwa sekarang IDKita Kompasiana sudah ada Relawan Remaja. Bahwa Relawan Remaja lebih bisa ‘masuk’ di hati teman2nya sesama remaja tersebut. Relawan Remja yang sudah bergabung dengan IDKita Kompasiana adalah Ketua Osis SMA Fransiskus Matraman yang di presentasikan oleh IDKita Kompasiana di tulisan ini SMA Fransiskus Heboh Internet Sehat, oleh mba Sumarti Saelan (Icoel).

Ibu Mariam menawarkan kepada kami untuk terus berkampanye ‘Internet Sehat dan Aman’. Salah satunya bahwa bu Mariam untuk bertukar nara sumber! Wah …… kami tertarik sekali untuk bertukar nara sumber untuk memberikan materi. Dan ini merupakan prestasi bagi kami, bahwa ternyata komunitas yang kami bentuk awalnya dari ‘Keluarga Cengengesan’ tetapi berbuah menjadi sebuh komunitas yang sebagian besar dimotori oleh wanita Indonesia dengan Valentino sebagai ‘komandan’nya demi anak2 bangsa ……

13432924201794966169

Tim IDKita Kompasiana berdiskusi dengan nyaman di ruang ibu Mariam.

“Kartini the Next Action”,

adalah juga yang ibu Mariam inginkan bagi bangsa ini. Bahwa sekarang, Kartini2 Indonesia merupakan produk masa depan. Dan itu artinya, Kartini2 Indonesia sekarang harus menjafi Kartini2 yang ‘melek’ teknologi. Bahwa Kominfo sekarang ini sudah mensupply dan membimbing ibu PKK dari 16 provinsi di Indonesia. Bahwa juga, sebuah arisan yang semuanya merupakan ibu2 tidak hanya belajar memasak, kerajinan tangan atau kesehatan keluarga saja, tetapi sama sekali ‘buta’ teknologi. Pemerintah, mealui Kominfo sudah membentuk tim untuk melatih ibu2 PKK untuk mengoperasikan komputer.

Tidak usah terlalu ‘jauh dan tinggi’, tetapi paling tidak, ibu2 tahu apa itu benda yang dinamakan ‘komputer’ atau apa yang dinamakan ‘interet’. Setelah itu, ibu2 bisa mulai untuk belajar internet supaya mereka bisa mengerti, apa yang anak2 dan remaja mereka lakukan di warnet2 ….. Ya, paling tidak ibu2 itu tidak dibohongi oleh anak2 dan remaja mereka, walau hanya tahu sebagian kecil saja …..

Dan tahun depan, menurut ibu Mariam, Kominfo akan membentuk Duta TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi ) Remaja. Bukan hanya remaja2 yangmemang peduli dengan ‘Internet Sehat dan Aman’ saja, tetapi Duta TIK Remaja juga dicari remaja2 yang mampu untuk berbicara tentang internet sehat. Untuk IDKita Kompasiana, Relawan Remaja IDKita Kompasiana akan di didik untuk bisa menulis, sehingga mereka bisa terus mengekspresikan diri mereka bukan hanya sebagai generasi penerus bangsa, tetapi juga mengamalkan ‘Internet Sehat dan Aman’ dengan menulis di Kompasina atau juga di blog2 mereka sendiri, sehingga mereka tidak menghabiskan browsing internet yang tidak jelas …..

13432924491622933853

Ibu Mariam memberikan pandangan2 dan keinginan2 Kominfo tenang ‘Internet Sehat dan Aman’.

Sebenarnya, tanggal 27 Juni 2012, tim IDKita Kompasiana juga sudah ’sowan’ kepada ibu Mariam di tulisan Diskusi Bersama Direktur Pemberdayaan Informatika, Ibu Mariam F. Barata. Dan ibu Mariam, sejak awal memang sangat memberikan inspirasi kepada kami untuk terus maju bersama dengan Kominfo untuk memberikan banyak informasi2 tentang ‘Internet Sehat dan Aman’ untuk anak2 dan remaja dengan memberdayakan perempuan2 Indonesia sebagai orang tua mereka …..

Yang jelas, pemerintah melalui Kominfo bukan hanya ingin terus memberikan informasi tentang ‘Internet Sehat dan Aman’ untuk kita semua saja, tetapi Kominfo juga ingin bisa memberikan informasi untuk ibu2, workshop serta pengajaran tentang teknologi supaya ‘Kartini2 Indonesia masa depan’, harus ‘melek’ teknologi.

Terima kasih, bu Mariam atas seluruh dukungannya kepada kami, sebagai sebuah komunitas untuk terus merangkul anak2 dan remaja kita dalam membangun masa depan bangsa ……

Salamku dari Kominfo …..

13432924781810508442

Profil | Tulisan Lainnya

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Sasi, Konservasi Tradisional di Raja Ampat …

Dhanang Dhave | | 22 August 2014 | 15:21

Identitas Bangsa Modal dalam Kompetisi …

Julius Deliawan | | 22 August 2014 | 09:42

ALS #icebucketchallenge …

Nyayu Fatimah Zahro... | | 22 August 2014 | 17:49

[SRINTHIL] Perempuan di Kaki Masa Lalu …

Rahab Ganendra | | 22 August 2014 | 14:33

Blog Competition Smartfren: Andromax yang …

Kompasiana | | 18 August 2014 | 20:22


TRENDING ARTICLES

Pesta Perkawinan Mewah, Apa Ngaruh dalam …

Ifani | 2 jam lalu

SBY ‘Ngrecoki’ Jokowi …

Suko Waspodo | 4 jam lalu

“Ahok” Sumbangan Prabowo Paling …

Pakfigo Saja | 9 jam lalu

Saat Mahkamah Konstitusi Minus Apresiasi …

Zulfikar Akbar | 13 jam lalu

Kuasa Hukum Salah Berlogika, MK Tolak …

Sono Rumekso | 13 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: