CABUT BANDING ADALAH LANGKAH TEPAT AHOK

Kuasa hukum Ahok mencabut permohonan banding atas vonis yang diterima kliennya. Menurut pengacara Ahok, pencabutan ini dilatar belakangi kekhawatiran ditambahkannya masa hukuman dan perhitungan matang untuk mendapat keringanan masa hukuman. Menurut Anda Kompasianer, setujukah mencabut banding ini adalah langkah tepat yang diambil Ahok?

2017-05-23 11:54:11

PRO 1

KONTRA 1

TIDAK PERLU BERLEBIHAN MENYIKAPI VIRUS WANNACRY

Publik dunia tengah digegerkan oleh serangan virus berwujud malware yang disebut WannaCry. Di Indonesia sendiri beberapa server rumah sakit telah terkena serangan ini. Serangan ini mengundang reaksi dari banyak pihak dan memunculkan kepanikan massal. Namun Kompasianer, apakah reaksi ini terlalu berlebihan? Setujukah Anda jika kita sebenarnya tidak perlu berlebihan menyikapi virus WannaCry ini?

2017-05-15 12:49:28

PRO 1

KONTRA 0

VONIS 2 TAHUN AHOK KEPUTUSAN YANG ADIL

Ahok divonis 2 tahun penjara oleh majelis hakim. Putusan ini melebihi tuntutan jaksa yang menuntut Ahok dihukum 1 tahun kurungan. Menurut Wakil Komisi III DPR, Desmond J. Mahesa keputusan vonis dua tahun ini sudah sangat tepat dan membuktikan masih ada keadilan hukum di Indonesia. Kompasianer setujukah Anda bahwa vonis 2 tahun untuk Ahok adalah keputusan yang adil?

2017-05-09 23:36:34

PRO 4

KONTRA 20

KESEJAHTERAAN BURUH BELUM TERCAPAI

Unjuk rasa yang dilakukan kaum buruh berulang setiap tahun. Mereka menyuarakan isu yang sama berulang kali yakni mengenai kesejahteraan. Kaum buruh menilai mereka hingga saat ini belum menemukan kesejahteraan dari pemerintah dan perusahaan. Setujukah Anda bahwa kesejahteraan buruh memang belum tercapai?

2017-05-01 16:02:59

PRO 1

KONTRA 0

KARANGAN BUNGA AHOK SEBATAS PENCITRAAN

Kiriman karangan bunga untuk pasangan Ahok - Djarot terus mengalir ke kantor balai kota. Banyak pihak menilai ini adalah bukti bahwa kinerja Ahok - Djarot dicintai masyarakat, namun Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menilai bahwa ini hanyalah rekayasa dan sebatas pencitraan. Kompasianer, setujukah Anda bahwa karangan bunga untuk Ahok - Djarot hanyalah sebatas pencitraan?

2017-04-28 14:04:11

PRO 1

KONTRA 8

KUALITAS PTS BELUM SETARA DENGAN PTN

Ketatnya seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) membuat siswa mencari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sebagai alternatif pilihan. PTS selalu menjadi pilihan kedua kaerna kualitasnya yang dianggap belum setara dengan PTN. Kompasianer, setujukah Anda bahwa kualitas PTS memang belum setara dengan PTN?

2017-04-27 14:07:13

PRO 1

KONTRA 1

KESETARAAN GENDER BELUM SEPENUHNYA TERPENUHI

Wanita tidak lagi dipandang sebelah mata, bahkan hak-haknya kini setara dengan pria. Namun masih ada anggapan bahwa tidak semua wanita belum menikmati haknya untuk menjadi setara. Kompasianer setujukah Anda bahwa kesetaraan gender ternyata belum sepenuhnya terpenuhi?

2017-04-21 13:46:54

PRO 3

KONTRA 2

UN BERBASIS KOMPUTER LEBIH MUDAH DARI PADA UNKP

Sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kini dianggap lebih baik dari pada Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Namun di sejumlah wilayah, penyelenggaraan UNBK ini terkendala masalah teknis seperti internet hingga pasokan listrik. UNBK dianggap lebih baik karena diklaim memperkecil bocornya soal ujian. Tapi melihat kondisi saat ini setujukah Anda bahwa UNBK memang lebih baik dari pada UNKP?

2017-04-13 15:46:26

PRO 3

KONTRA 2

GANJA HARUS SEGERA DILEGALKAN UNTUK PENGOBATAN

Sejumlah LSM meminta pemerintah untuk melegalisasi daun ganja untuk pengobatan. Wacana ini mencuat setelah kasus Fidelis Ari yang ditangkap karena menanam ganja untuk pengobatan sang istri. Ganja sendiri di beberapa negara memang telah dilegalkan untuk keperluan medis. Kompasianer, setujukah Anda jika ganja harus segera dilegalkan untuk pengobatan di Indonesia?

2017-04-04 13:54:59

PRO 6

KONTRA 6

SELEBRITI HANYA CARI-CARI ALASAN DEMI KONSUMSI NARKOBA

Kabar selebriti terjerat narkoba kembali terdengar. Tidak sedikit selebriti yang memang mengonsumsi barang haram ini dengan berbagai alasan, misalnya beban kerja atau karena kurang percaya diri. Namun pihak BNN menganggap para artis hanya mencari-cari alasan demi mengonsumsi barang haram ini. Kompasianer, setujukah Anda bahwa para selebriti hanya mencari-cari alasan demi mengonsumsi narkoba ini?

2017-03-28 12:22:44

PRO 6

KONTRA 2

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana